Metropolitan

Disdukcapil Masih Kejar Target

NO PHOTO

SUKABUMI – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sukabumi, terus berusaha mengejar target untuk melengkapi dokumen kependudukan. Salah satunya, pembuatan e-KTP yang kini masih banyak masyarakat yang belum memilikinya.

Dari data yang tercatat Disdukcapil Kota Sukabumi, dari total 234.689 wajib KTP, 213.844 diantaranya sudah melakukan perekaman dan 20.844 sisanya belum melakukan perekaman.

“Sehingga, kami saat ini masih terus mengejar target tersebut karena masih ada sebanyak 20.844 yang belum perekaman,” kata Kepala Disdukcapil, Iskandar kepada Sukabumi Ekspres, kemarin (5/3).

Lanjut Iskandar, demi mengejar targetan ini pihaknya rela bekerja di luar jam dinas. Misalnya saja, setiap Minggu, Disdukcapil Kota Sukabumi melayani program Siap Jemput Bola (Si Jempol) guna melayani masyarakat yang belum melakukan perekaman.

“Kami mendekatkan pelayanan kepada masyarakat di waktu libur, bukan di jam dinas. Alhamdulillah apresiasi masyarakat cukup baik sehingga banyak yang melakukan perekaman,” paparnya.

Si Jempol ini, sambung dia, pada Minggu (4/3) lalu di selenggarakan di salah satu pusat perbelanjaan hingga berhasil melayani sebanyak 451 pembuatan perlengkapan dokumen kependudukan seperti, e-KTP, KK dan pembuatan akta kelahiran. “Kami melayani masyarakat yang tengah berkunjung di Supermarket hingga berhasil melayani 451 orang,” terangya.

Bukan hanya perekaman saja, dari jumlah ratusan itu semuanya langsung menerima dokumen kependudukan di lokasi. Hal ini, yang membuat masyarakat semakin meningkatkan minatnya untuk membuat dokumen.

“Karena saya standby di lokasi maka masyarakat yang membuat permohonan hari itu juga menerima dokumennya. Seperti, e-KTP, KK dan akta kelahiran,” jelasnya.

Iskandar, menargetkan pada akhir Desember 2018 mendatang Disdukcapil bisa melengkapi dokumen kependudukan bagi masyarakat yang belum memenuhinya. Menurutnya, pelayanan si Jempol ini akan mampu meningkatkan permohonan pembuatan dokumen kependudukan. Karena, tak dipungkiri kelengkapan itu wajib dimiliki oleh masyarakat.

“Ya, maka nya saat ini kami terus berusaha mengejar target tersebut semaksimal mungkin. Kami sangat optimis bisa mampu mengejar target ini dengan menggencarkan Si Jempol. Namun, kita mengerjakannya secara step by step,” pungkasnya.(ovi/hrl)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up