Kesehatan

Dinkes Serius Sosialisasikan Germas

GENCAR : Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit P2P Dinkes Kabupaten Sukabumi, Harun Arrasyid (kemeja putih) bersama perwakilan Kemenkes RI tengah pemeriksaan deteksi faktor resiko PTM.

PARUNGKUDA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi dan Dinkes Kabupaten Sukabumi gencar ajak masyarakat menggalakan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Langkah itu diambil untuk mewujudkan kesehatan masyarakat yang terjaga, berprilaku sehat dan produktif, lingkungan bersih sehingga biaya untuk berobat berkurang.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Sukabumi, Harun Arrasyid mengatakan Germas ini merupakan satu di antara program Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI dalam hal preventif dan promotif penyakit tidak menular (PTM). “Kita disini sebagai pelaksana kegiatan serta melakukan pemeriksaan deteksi faktor resiko penyakit tidak menular,” ujarnya saat sosialisasi di Aula Wisma Delima, Desa Bojongkokosan, Kecamatan Parungkuda, kemarin (23/8).

Menurutnya, antusias masyarakat Bojongkokosan terbilang tinggi dalam mengikuti deteksi penyakit tidak menular seperti gula darah dan kolesterol. Terlihat dari jumlah peserta yang hadir mengikuti pemeriksaan PTM tak kurang dari 200 orang. “Antusias masyarakat bagus dalam pemeriksaan ini. Dan memang jika hal ini tak dilakukan, jelas akan menghambat informasi penyakit yang diderita masyarakat.” tutur dia.

Sementara itu, Ketua Komisi IX DPR RI, Ribka Tjiptaning mengatakan dia bersama Dinkes tengah menggalakan sosialisasi Germas melalaui langkah promotif dan preventif PTM. Germas menurut dia merupakan suatu tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berprilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. “Dalam mensukseskan program ini pun tentunya harus ada dukungan semua pihak,” ujar politikus PDIP ini, kemarin.

Dalam pelaksanaanya, sambung dia, program ini harus dilakukan oleh seluruh komponen masyarakat, dengan mempraktekan pola hidup sehat sehari-hari, menggerakan institusi dan organisasi masing-masing dan menyediakan kurikulum pendidikan. “Dukungan bisa berupa fasilitas olahraga, sayur dan buah, fasilitas kesehatan, transportasi, kawasan tanpa rokok, taman untuk beraktivitas, iklan layanan masyarakat dan car free day.” jelasnya.

Adapun bentuk kegiatan Germas ini, sebut dia, banyak yang harus dilakukan masyarakat secara rutin. Mulai dengan aktivitas fisik, mengkonsumsi sayuran dan buah, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban. “Langkah-langkah ini wajib dilakukan secara rutin dan dipahami semua lapisan maayarakat,” pungkasnya. (job5)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up