Featured

Desa Sukajaya Kembangkan Nanas Madu

Soal Rasa tak Kalah Legit dari Daerah ‘Nenek Moyang’ Penghasil Nanas

Ingat nanas pasti ingat Subang. Ya, buah itu identik dengan Kabupaten Sukabumi yang notabene merupakan penghasil nanas terbaik di Jawa Barat. Namanya nanas madu. Rasanya legit. Tapi sekarang nanas madu itu mulai dibudidayakan di Kabupaten Sukabumi. Ingin tahu ceritanya?

JOB3, Sukabumi

DEDEN Gunaefi dengan bangga memperlihatkan buah nanas yang berada lahan di wilayahnya. Kepala Desa Sukajaya Kecamatan Sukabumi itu pantas bangga, lantaran ia bersama warganya berhasil mengembangkan buah nanas madu.

“Alhamdulillah, kami berhasil membudidayakan nanas madu di sini,” ujar Deden, belum lama ini.
Rasa bangganya Deden bertambah. Pasalnya, tak hanya berhasil mengembangkan buah nanas madu, tapi juga berhasil meningkatkan taraf perekonomian warga di wilayah tugasnya. “Kalau benihnya dari sana (Subang),” tukasnya.

Soal rasa, jangan ditanya. Deden menjamin rasa nanas madu di lahan pengembangannya lebih legit dari nanas madu asal Subang. “Mungkin di sini nanasnya langsung dimakan ketika selesai dipetik. Sehingga rasanya berbeda,” ucapnya.

Awalnya ia hanya menanam sebanyak 100 bibit. Sekarang terus berkembang hingga mencapai 2.000 bibit yang ditanam di areal seluas 5.000 meter. Saat ini dari 2.000 bibit itu bisa menghasilkan sebanyak 600 buah nanas setiap harinya. “Ide awalnya sih ingin meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya bagi warga di lingkungan desa. Alhamdulillah sekarang semakin banyak warga yang terbantu karena kami berdayakan,” ungkapnya.

Bahkan, kata Deden, tidak hanya warga saja yang bisa memetik buah itu. Sebab, pembeli pun bisa memetik dan memilih secara langsung buah yang akan dibelinnya. “Jadi, selain dijual, ini juga bisa menjadi wisata buah nanas madu di Sukabumi. Sebab, pembeli bisa melihat dan memetik secara langsung nanas ini,” terangnya.

Selain wisata buah nanas, kata Deden, hasil perkebunannya itu juga dijual ke sejumlah supermarket yang ada di Kota Sukabumi. Tapi, secara kuantitas nanas yang dipanen itu tidak sebanding dengan jumlah kebutuhan pasar. “Satu buah nanas kita jual Rp15ribu,” jelasnya.

Salah seorang konsumen, Lina Marlina, mengaku takjub dengan banyaknya buah nanas madu di Desa Sukajaya. Biasanya, kata Lina pemandangan seperti itu hanya bisa ditemukan di Subang. “Biasanya di Subang saya lihat yang begini (lahan nanas), tapi Alhamdulillah di Sukabumi juga ada. Saya tahu tempat ini dari teman. Rencanannya saya akan memborong nanas di sini dan dijadikan selai untuk bahan kue,” pungkasnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up