Gerbang Desa

Desa Cikadu Miliki Mata Air Alami

RAMAI: Warga beramai-ramai mengambil air di sumber mata air di Kampung Cibalimbing, Dusun Gentong, Desa Cikadu, Kecamatan Palabuhanratu.

Banyak Dikunjungi Warga

PLARA – Desa Cikadu Kecamatan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi sekarang memiliki potensi alam yang bisa dikembangkan menjadi objek wisata baru. Potensi itu yakni mata air alami yang tiba-tiba muncul di Kampung Cibalimbing, Dusun Gentong.

Keberadaan mata air itu sudah menjadi viral di media sosial karena banyak netizen yang meng-upload-nya. Tak sedikit warga yang menganggap keberadaan mata air itu sebagai tempat keramat.
Kepala Desa Cikadu, Adeng Tatang S, mengaku, munculnya mata air dadakan itu sebagai sebuah berkah bagi desa yang berpendudukan lebih dari 8 ribu jiwa tersebut. Tak heran jika lokasi tersebut tidak pernah sepi pengunjung.

“Setiap hari mungkin sekitar 300 pengunjung yang datang ke sana. Mereka datang dari beberapa tempat bahkan dari luar Kecamatan Palabuhanratu. Ada yang hanya ingin melihat, tapi ada pula yang mandi di sana,” terangnya kepada wartawan, kemarin (14/3).

Keberadaan mata air tersebut, diakui Adeng, dapat menjadi ikon baru pariwisata. Namun, hingga saat ini desa belum berperan terlalu jauh menyangkut pengelolaanya. “Belum, saat ini kami hanya mengawasi saja. Soal parkir pengunjung dikelola oleh warga sekitar dengan tidak memungut tarif khusus. Pengunjung hanya membayar seikhlasnya saja mengingat jarak dari tempat parkir ke mata air itu cukup jauh,” bebernya.

Ia berencana membangun irigasi untuk mengairi lahan pertanian di kawasan tersebut. Namun, faktor cuaca menjadi bahan pertimbangan.

“Jika musim kemarau air masih mengalir seperti sekarang, kemungkinan akan kami bangun irigasi di situ. Kalau dibangun sekarang takut mubazir jika ternyata air kering saat musim kemarau,” pungkasnya.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up