Gerbang Desa

Desa Cicantayan Miliki Sentra Kayu Olahan

KEDUA
KREATIF: Hasil karya kayu olahan warga Kedusunan Pasirpogor Desa/Kecamatan Cicantayanan sudah mampu dinikmati warga di luar daerah dan luar negeri.

CICANTAYAN – Pembubutan kayu menjadi salah satu industri unggulan di Desa/Kecamatan Cicantayan Kabupaten Sukabumi. Di desa tersebut terdapat dua RT yang warganya merupakan perajin aneka olahan kayu.

“Di RT 03 dan 04/RW 02 Kadusunan Pasirpogor banyak perajin olahan kayu. Hasil karyanya berupa vas bunga, bak catur, stik drum, suvenir, dan sejumlah kerajinan berbahan dasar kayu lainnya,” ujar Kades Cicantayan Zulfikar, kemarin (29/5).

Sebagian hasil karya mereka sudah diekspor ke berbagai negara. Paling banyak orderan dari Korea Selatan dan sejumlah negara di Timur Tengah. “Lumayan sih sudah banyak yang diekspor meskipun masih menggunakan broker dan barang setengah jadi,” ucapnya.

Sejauh ini pihak desa berusaha mengembangkan sektor tersebut. Misalnya menyertakan para perajin dalam kegiatan pameran serta mempermudah pendistribusian dan pemasarannya. “Dulu, hasil olahan kayu harus dipikul untuk sampai ke jalan raya. Sekarang alhamdulillah olahan sudah bisa diambil di setiap tempat pengolahannya karena sudah bisa dilalui mobil,” ungkapnya.

Mukmin, 39, perajin kayu, mengatakan sejumlah warga sudah melakoni usaha itu sejak puluhan tahun lalu. “Iya di sini memang pusatnya pembubutan kayu. Bahkan berbagai macam karya hasil bubutan ada. Saya juga meneruskan jejak orangtua yang dulunya membuat stik drum dan vas bunga,” terangnya.

Saat ini ia sudah memiliki tiga orang pekerja yang notabene warga sekitar. Dalam satu bulan ia mampu memproduksi sebanyak 3.000 pasang stik drum berbagai jenis dan fungsi dengan harga jual Rp6.000 per pasang. “Bisnis pembubutan kayu cukup menjanjikan. Bahkan stik drum kami sudah tersebar ke sejumlah daerah di Indonesia,” paparnya.(udi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up