Metropolitan

Desa Bojongsawah Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur dan Kesehatan

KEBONPEDES – Realisasi pembangunan yang berasal alokasi dana desa (ADD) tahun 2016 di Desa Bojongsawah, Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi rampung. Mulai dari pembangunan infratsruktur hingga fasilitas kesehatan.

Kades Bojongsawah, Abun Bunyamin menyebutkan untuk pembangunan infratsruktur bidang fisik adalah pembangunan gang di 13 RW yang masing-masing volumenya 250 meter dengan pembanguan rambat beton.

Sedangkan di bidang fasilitas kesehatan berupa Posyandu dengan lahan yang digunakan adalah hibah dari masyarakat. “Kami memang fokuskan peningkatan pembanguan insfrastruktur jalan. Dan sebagiannya untuk pembangunan fasilitas kesehatan berupa Posyandu untuk menunjang kesehatan masyarakat,”ujar dia, kemarin (19/12)

Selain pembangunan infrastruktur dari ADD, Abun menambahan pembangunan juga ada yang dikerjakan pihak ketiga. Misalnya seperti, pembangunan jalan kabupaten dengan hotmik.

“Artinya pengerjaan dari anggaran kabupaten itu dikerjakan langsung oleh pihak ketiga. Seperti yang melewati Kampung Jalan Bojong sawah, yang kesatu sepanjang 600 meter, dan kedua 750 meter,” bebernya.

Disamping itu, ada pembanguan paving blok dari anggran Dinas Pekerjaan Umum (PU), pembanguan jalan lingkungan dari Dinas Tarkimsih Kabupaten dan yang terahir pembanguan dua MCK.

“Dari semua pembanguan yang telah terealisasi pada 2016, diantaranya itu ada yang dikerjakan oleh rekanan yang ditunjuk langsung oleh Dinas yang mempunyai program tersebut,” jelasnya.

Lebih jauh, Abung mengatakan, desa juga telah merealisasikan jalan gang di Kampung Benjoy sepanjang 200 meter dengan mengunakan anggaran bantuan P3K. “Pembangunan sejumlah insfrastruktur desa ini sesuai permintaan masyarakat. Keuangannya di APBDes perlu adanya pemahaman, peningkatan partisipasi masyarakat terutama dari sisi aspek pemeliharaan agar lebih peduli dan rasa memiliki terhadap bagunan-bangunan yang sudah berdiri,”pungkasnya.(udi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up