Gerbang Desa

Desa Bojonggenteng Tingkatkan Layanan Pembangunan

IST PEMBANGUNAN: Desa/Kecamatan Bojonggenteng terus membangun untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Bangun SAB dan MCK

BOJONGGENTENG – Desa/Kecamatan Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi, terus berupaya meningkatkan pelayanan masyarakat dari segi pembenahan pembangunan. Upaya itu dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan masyarakat yang dimulai dari aspek sanitasi, seperti pembangunan sarana air bersih (SAB) serta sarana mandi, cuci, dan kakus (MCK). Sarana air bersih terdapat 8 unit dan sarana MCK sebanyak 12 unit.

Kepala Desa Bojonggenteng, Dodi Sudirman, mengatakan anggaran pembangunannya dialokasi dari APBD I dan APBD II tahun 2016. Pemilihan pembangunan sarana air bersih dan MCK sangat diperlukan bagi masyarakat. Selain itu pembangunan SAB dan MCK yang sudah dilaksanakan untuk membantu warga desa dalam menerapkan pola hidup higienis dan sehat.

“Sesuai hasil musyawarah desa, anggaran yang kami terima pada tahun 2016 ini difokuskan untuk pembangunan MCK dan sarana air bersih. Warga kami di sini memang sulit mendapatkan air bersih apalagi di saat musim kemarau,” ujar Dodi Sudirman kepada koran ini, kemarin (8/3).

Dedi mengatakan, pembangunan SAB dilakukan di beberapa lokasi di antaranya di Kampung Pamatutan RT 19/02, Kampung Ciboboko RT 01/03, Kampung Bojonggenteng RT 02/04, Kampung Bojongenteng RT 07/05, Kampung Bojonggenteng RT 08/06, Kampung Nyalindung RT 16/07, Kampung Bojonggenteng RT 05/08, dan Kampung Nyalindung RT 01.

Sedangkan untuk pembangunan MCK dilaksanakan di Kampung Cimuncang RT 28/02 dan RT 32/07, di Kampung Pamatutan RT 23/03, RT 20/04, RT 19/06, dan RT 24, di Kampung Cibuluh di RT 26/05, di Kampung Nyalindung RT 16/08, di Kampung Bojonggenteng RT 04/09, dan RT 07/11, serta di SMPN serta SMKN Bojonggenteng. “Alhamdulillah pada 2017 semua sudah terealisasi dari target yang sudah diprogramkan sesuai hasil musrembang tahun lalu. Sisa yang belum terlaksana kita akan dilakukan di tahun 2018,” paparnya.

Dia berharap pembangunan tersebut dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan baik bagi masyarakat mau pun pemerintah desa. “Semoga pelaksanaannya berjalan sesuai dengan harapan, sehingga masyarakat Desa Bojonggenteng tidak lagi kesulitan untuk mendapat air bersih jika musim kemarau datang,” pungkas dia. (udi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up