Tatar RT-RW

Desa Berkah Kembangkan Kambing Etawa

POTENSIAL: Ternak kambing etawa terus dikembangkan Desa Berkah Kecamatan Bojonggenteng sebagai satu di antara penunjang desa wisata.

Upaya Menarik Minat Wisatawan

BOJONGGENTENG – Desa Berkah Kecamatan Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi terus mengembangkan potensi usaha di bidang pengembangbiakan ternak kambing etawa. Pengembangan usaha tersebut bentuk dari P?rogram Inovasi Pencanangan Kawasan Kecamatan Bojonggenteng menjadi Kawasan Desa Wisata. Desa Berkah yang masuk dalam rencana kawasan objek wisata pedesaan tersebut turut berbenah.

Pengembangan ternak kambing etawa didatangkan dari India yang juga disebut kambing Jamnapari. Tinggi ukuran kambing jantan bisa mencapai antara 90 sentimeter hingga 127 sentimeter dan yang betina mencapai 92 sentimeter dengan bentuk telinganya yang panjang dan terkulai ke bawah, dahi dan hidungnya cembung. Baik kambing jantan maupun betina bertanduk pendek. Kambing jenis etawa ini mampu menghasilkan susu hingga tiga liter per hari.

“Pengembangbiakan kambing etawa selain bertujuan sebagai sentra produksi susu kambing etawa juga untuk menarik minat para wisatawan ke kawasan wisata pedesaan di Kecamatan Bojonggenteng. Di Desa Berkah sendiri kami khususkan sebagai kawasan desa wisata ternak penghasil susu kambing etawa,” ujar Kades Berkah, ?Andriansyah, kemarin (9/3).

Meskipun saat ini baru ada satu kelompok peternak yang membudidayakan kambing etawa, tetapi bisa menjadi salah satu potensi yang akan terus dikembangkan terus ke depannya sesuai dengan instruksi dari Kementerian Desa tentang program OVOP (One Village One Product).
“Kambing etawa akan menjadi ciri khas Desa Berkah sebagai penunjang kawasan objek wisata,” bebernya.

Ia berharap pemerintah bisa terus mengawal program pembangunan kawasan wisata di Kecamatan Bojonggenteng dan masyarakat juga bisa turut serta membantu merealisasikan program kawasan destinasi wisata Bojonggenteng agar bisa segera terwujud. “Saya berharap potensi yang baru dikembangkan ini terus mendapat dukungan dari pemerintah,” tandasnya.(udi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up