Pendidikan

Calistung Harus Disesuaikan Kemampuan Anak

SUKABUMI – Pengenalan membaca, menulis, dan menghitung sejak dini harus diterapkan kepada anak di bawah usia lima tahun. Konsepnya harus dikemas menarik agar anak

“Calistung sebenarnya sangat baik diterapkan mulai dari anak SD. Kalau usianya di bawah itu konsepnya harus sambil bermain, karena memori anak sifatnya merekam,” ujar Sekretaris P2TP2A Kota Sukabumi Joko Kristianto, kemarin (27/11).

Kemampuan terpenting anak usia dini yang harus dikuasai adalah mengelola diri, mampu mengenali kebutuhan, serta mengomunikasikan dan memenuhi kebutuhan itu dengan cara yang efektif. Saat ini masih banyak orang tua atau lembaga pendidikan yang mengajarkan calistung tidak sesuai konsep. “Padahal disarankan konsep atau proses membaca dan menghitung harus dikemas secara ringan, misalnya metode mengitung jumlah buah-buahan, dan lainnya,” ujarnya.

Cara pembelajar yang tak sesuai konsep usai anak, lanjut Joko, bisa dikategorikan tindak kekerasan terhadap anak. Pasalnya, kemampuan anak belum sesuai dengan usianya.

“Sekarang kan banyak yang hanya mengejar anaknya supaya bisa calistung di usia dini. Itu bisa dibilang kekerasan dan memperkosa kemampuan anak. Ini terjadi karena orang tua ingin anak-anak mereka cepat bisa membaca,” jelas dia.

Memperkenalkan konsep belajar harus dengan sendirinya karena bisa menyenangkan. Peran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan cukup penting mengawasi lembaga pendidikan yang terlalu memaksakan kemampuan anak.

“Lama-lama anak akan jenuh. Analoginya anak sudah bisa membaca mau apa, konsep berhitung apa yang mau jadi target apa. Jika terlalu dipaksakan, maka dikhawatirkan memicu perilaku negatif,” tandasnya.(ovi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up