Pendidikan

Butuh Rp 6 Miliar Bangun Pesantren

SUKABUMI – Wakil Bupati Sukabumi, Adjo Sardjono, meletakkan batu pertama pembangunan pondok pesantren yatim serta SMP Plus dan SMK Plus Anak Nusantara Al-Islami di Kecamatan Caringin, Sabtu (23/9). Bangunan yang berdiri di atas lahan seluas 6.000 meter persegi itu diperkirakan akan menghabiskan dana sekitar Rp 4 miliar hingga Rp 6 miliar.

Dalam sambutannya Adjo mengatakan saat ini lama usia pendidikan di Kabupaten Sukabumi baru mencapai 6 tahun atau setara dengan kelas 1 SMP. Karena itu, berdirinya ponpes ini mudah-mudahan dapat membantu pemerintah daerah meningkatkan lama usia pendidikan termasuk pendidikan agama. “Sejatinya pendidikan SMP Plus dan SMK Plus memiliki kelebihan yaitu tentang muatan pendidikan agama yang digabung dengan pendidikan Iptek,” kata Adjo.

Adjo berharap, melalui peletakan batu pertama pembangunan pondok pesantren yatim, SMP Plus, dan SMK Plus Anak Nusantara Al-Islami itu, maka di masa datang dapat menjadi lembaga pendidikan berkualitas unggul yang mampu membekali anak didik dengan Iptek yang didasari nilai-nilai agama atau moralitas yang tinggi dan dalam perkembangannya kelak juga dapat berkontribusi membangun citra lembaga pendidikan Islam di masa depan.

Sementara itu, Ketua Yayasan, Ustadz Muhammad Irfan Najmudin, menyampaikan pembangunan yayasan ini antara lain untuk mengembangkan pendidikan, khususnya agama Islam. Konsepnya menggabungkan dan mengombinasikan antara ilmu pengetahuan teknologi (Iptek) dan Imtaq yang didik secara Islam sehingga menjadi pondok pesantren modern dengan mengadopsi sistem yang ada di pesantren sebelumnya.(hyt/rls)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up