Sukabumi Raya

Bupati ‘Sentil’ Jajarannya yang Kurang Koordinasi

SUKABUMI – Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengumpulkan menyentil jajarannya di tingkat kecamatan maupun desa yang kurang koordinasi menyikapi berbagai persoalan sosial di masyarakat. Satu di antaranya dalam menyikapi persoalan mewabahnya difteri.

“Tidak ada cerita lagi nanti camat, kepala desa, kemudian kepala puskesmas, jika ada persoalan persoalan yang terjadi di masyarakat tidak tahu karena tidak pernah melakukan suatu koordinasi. Bagaimanapun camat sebagai pemegang kendali di wilayah tersebut harus bisa memberikan suatu jawaban,” tegas Marwan saat memimpin rapat di aula Setda Kabupaten Sukabumi, Palabuhanratu, Rabu (10/1).

Marwan mengaku khawatir dengan mewabahnya difteri di Kabupaten Sukabumi. Karena itu perlu langkah dan upaya penanganan secara cepat agar wabah difteri ini tidak menyebar. Marwan berharap semua komponen pemerintah melakukan sosialisasi dan penanganan bersama terhadap permasalahan-permasalahan yang tengah terjadi di masyarakat.

“Fungsi promkes (promosi kesehatan) harus bisa menyosialisasikan apa difteri itu, bagaimana penanganannya. Di tingkat puskesmas apa yang perlu dilakukan tindakannya. Laporkan kepada camat secara utuh, lakukan koordinasi antarinstansi. Perlu kita yakini difteri di Kabupaten Sukabumi harus kita tanggulangi bersama,” ujar Marwan.

Marwan pun meminta Dinas Kesehatan untuk membentu Tim Kejadian Luar Biasa yang Khusus untuk menginvestigasi ke lapangan. Tim tersebut bukan hanya menginvestigasi di lokasi yang tengah terjadi, tetapi juga mengantisipasi sebaran dampak yang akan timbul. “Khususnya di wilayah baru, sehingga kita bisa lebih awal mengantisipasi penanganannya,” tandasnya.(rls/red)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up