Sukabumi Raya

BUMDes Sukajaya Kian Menggeliat

PHOTO1

SUKABUMI – Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sukajaya, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi makin bergeliat. Selain sukses dengan budidaya nanas madu dan minimarket, kini jenis usaha merambah penjualan gas, jasa simpan pinjam dan menabung masyarakat, serta ditambah dengan usaha fotocopy.

Kepala Desa Sukajaya, Deden Gunaefi menyebut, BUMDes Sukajaya yang diberi nama Terus Jaya Sehati akan terus dikembangkan agar bermanfaat untuk masyarakat sekitar. Ia pun mengulas kembali saat-saat dimana BUMDes Terus Jaya Sehati mendapat apresiasi dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Eko Putro Sandjojo pada 2017 silam

“Keberhasilan BUMDes ini tidak terlepas dukungan dari semua kalangan, mulai dari Pemkab Sukabumi, jajaran pengurus BUMDes, LPMD, BPD dan semua masyarakat Sukajaya yang mayoritas petani, hingga menarik perhatian menteri,” ujar Deden Gunaefi saat dihubungi Sukabumi Ekspres, kemarin (10/2).

Selain dilirik Kementerian PDTT, Deden berharap Pemprov Jawa Barat dan Pemkab Sukabumi semakin melirik geliat usaha di Desa Sukajaya. Tak muluk-muluk, Deden menginginkan agar seluruh pelosok negeri mengenal hasil usaha Desa Sukajaya.

“Yang menjadi prioritas dana desa sudah kami jalankan. Diantaranya, pengembangan usaha milik Bumdes, Prukades dan pembangunan sarana olahraga. Saya berharap ada suatu dorongan riil dari pemerintah untuk bisa mempromosikan lebih luas keberhasilan BUMDes kami, terutama membantu pembiaayaan yang tidak bisa didanai dana desa,” tandasnya.(udi/hrl/aln)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up