Sukabumi Raya

BPBD Keruk Sungai

Antisipasi Terjadi Banjir saat Hujan Deras

SUKABUMI – Sungai Bihbul di Kecamatan Bantargadung Kabupaten Sukabumi dikeruk. Upaya itu dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat untuk mengantisipasi potensi banjir.

“Kita lakukan pengerukan untuk mengantisipasi potensi banjir bandang,” sebut staf pelaksana Pusat Pengendali dan Operasi BPBD Kabupaten Sukabumi Yana Rusyana, kemarin (11/1).

Pengerukan dilakukan dengan menggunakan alat berat (eksavator) milik BPBD Kabupaten Sukabumi. Kepala Pelaksana BPBD setempat, Usman Jaelani, memantau langsung pengerukannya. “Pak kalak (kepala pelaksana) juga memantau langsung pengerukannya,” ujar dia.

Sementara itu di lokasi longsor yang menerjang lima kampung di Desa Cidadap Kecamatan Simpenan, BPBD juga sudah menyalurkan bantuan sementara bagi korban bencana. Bantuan diutamakan untuk keperluan yang benar-benar dibutuhkan masyarakat.

“Bantuannya kami prioritaskan yang utama dulu, seperti makanan siap saji dan kebutuhan sandang. Mungkin bantuan dalam bentuk lain akan segera menyusul,” ungkap Yana.

Bencana tanah longsor di Desa Cidadap Kecamatan Simpenan terjadi Selasa (9/1) sekitar pukul 20.00 WIB saat turun hujan deras. Lokasinya berada di Kampung Ciseupan RT 01/13, Kampung Babakan Wareng RT 02/12, Kampung Cikadaka RT 03/14, Kampung Cibarengkok RT 01/15, dan Kampung Babakan Baru RT 04/14. Dua rumah semipermanen mengalami kerusakan karena tertimpa material tanah longsor. Selain itu akses di lima titik jalan desa sempat tersendat karena tertutup material tanah longsor.

“Kami kerahman alat berat buldoser milik BPBD Kabupaten Sukabumi untuk membersihkan material tanah longsor yang menutup akses jalan,” tuturnya.

Potensi kebencanaan di Kabupaten Sukabumi masih menjadi ancaman menyusul kondisi cuaca yang belum bisa diprediksi. Yana mengimbau masyarakat, utamanya yang berada di kawasan rawan bencana, agar selalu waspada dengan potensi bencana.

“Curah hujan relatif masih cukup tinggi. Makanya warga harus selalu waspada. Kami juga menyiagakan relawan di wilayah kecamatan yang setiap saat selalu cepat melapor saat terjadi bencana di wilayah tugas mereka,” tandasnya.(red)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up