Sukabumi Raya

Blanko e-KTP Cukup untuk Satu Bulan

CISAAT – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sukabumi mengklaim, sampai saat ini masih berupaya memberikan pelayanan bagi masyarakat, baik untuk melakukan perekaman KTP Elektronik (e-KTP) dan pengurusan dokumen kependudukan lainnya. Meskipun, blanko e-KTP yang dimiliki Disdukcapil Kabupaten Sukabumi terbilang aman untuk satu bulan kedepan.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Sukabumi, Sofyan Efendi mengatakan, proses pengurusan e-KTP saat ini berjalan normal. Hanya saja saat ini terkendala dari ketersedian tinta pencetakan. Namun, Sofyan menyebut, warga tidak perlu khawatir dengan adanya kekurangan blangko maupun tinta tersebut. Pihaknya mengaku akan terus berupaya untuk memenuhi kebutuhan pengurusan dokumen kependudukan.

“Untuk sementara blangko e-KTP masih cukup untuk satu bulan kedepan. Terkait kekurangan tinta, kami akan mencoba mencari solusi dengan meminjam ketersedian tinta ke pihak dinas lain supaya pelayanan dokumen kependudukan tidak terganggu,” jelas Sopyan kepada Sukabumi Ekspres, kemarin (5/3).

Sofyan menambahkan, jika kuota blangko e-KTP sudah mulai menipis, pihaknya pasti akan langsung melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat. Dan saat ini, untuk memenuhi 500 sampai 1000 pemohon setiap harinya, pihaknya masih menunggu hasil lelang di Unit Layanan Pengadaan (ULP) untuk pengadaan blanko maupun tinta.

“Sekarang, untuk permintaan penambahan blangko kita harus menunggu dari pusat. Ketika kami mengalami krisis blanko, terpaksa kami berikan surat keterangan yang berlaku sama dengan e-KTP dan itu bisa sah digunakan untuk keperluan apa saja,” tandasnya.(udi/aln)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up