Society

BKAD Parungkuda Bangun Desa Berbasis IT

Para pemateri program pelatihan sistem infomasi desa berbagi ilmu membangun desa berbasis informasi teknologi (IT) di Hotel Augusta, Cikukulu, belum lama ini.

PARUNGKUDA – Badan Kerja sama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, gelar program pelatihan sistem infomasi desa berbasis informasi teknologi (IT) di Hotel Augusta, Cikukulu, belum lama ini. Sasarannya adalah para aparatur desa setempat mampu melaksanakan tata kelola desa yang lebih baik, cepat dan menarik dalam memberikan berbagai macam informasi.

Terlebih, program membangun desa berbasis IT telah dicanangkan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) untuk mempercepat pembangunan desa dengan memaksimalkan kemajuan IT.

Ketua BKAD Kecamatan Parungkuda, Tedi Siswanto menuturkan, tujuan pelatihaan ini sebagai ajang atau sarana promosi untuk saling mengunggulkan potensi desa bagi masing-masing. Di mana, delapan desa di Kecamatan Parungkuda ikut serta. Sebut saja, Desa Babakanjaya, Bojong Kokosan, Kompa, Langensari, Palasari Hilir, Parungkuda, Pondokkaso Landeuh, dan Desa Sundawenang.

“Kedepannya, diharapkan ada jalinan yang aktif antardesa untuk selalu berkoordinasi dalam setiap kegiatan. Bahkan, mampu melaksanakan target pemerataan kegiatan secara tertib dibarengi pelaksanaan dalam pelaporan tertib administrasi,” ujar dia kepada Sukabumi Ekspres, kemarin (25/7).

Ketua DPC Gerakan Mencegah Daripada Mengobati (GMDM) Sukabumi itu menjelaskan, point yang menjadi landasan utamanya yaitu memberikan pelatihan  desa yang berbasis komputer, sekaligus mengelola informasi kantor desa dan mendukung fungsi dan tugas kantor desa. Termasuk pengelolaan informasi administrasi desa.

“Dari mulai administrasi kependudukan, perencanaan, pelaporan, pengelolaan aset, pengelolaan anggaran, layanan publik dan sebagainya. Dalam hal ini, desa diharapkan bisa lebih menguasai penyampaian informasi melalui IT,” imbuh Tedi.

Ia mengundang Pendamping Desa Kecamatan (PDK) Kecamatan Parungkuda, Bayu Permana untuk menjadi pematerinya. Di mana dalam ulasan materinya dapat disimpulkan, tren dana desa itu tiap tahun akan semakin meningkat. Dengan begitu, penunjang program itu sepatutnya desa harus memiliki informasi data berbasis online.

“Nah salah satu tujuan pelatihan ini juga dalam mendorong peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berbasis IT,” tutupnya.

Sebelumnya, BKAD Kecamatan Parungkuda juga menggelar pelatihan teknis pembuatan design gambar dan Rencana Anggaran Biaya (RAB) pembangunan desa. Harapannya program pembangunan sarana dan prasarana yang dilaksanakan di desa akan lebih terencana dengan baik. Bahkan, pelaksanaannya tertib dan hasilnya pun diharapkan lebih maksimal. (job5/hyt).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up