Jelajah

Berkemah jadi Andalan Wisata Alam Gunung Papandayan

kemah

SukabumiEkspres.com – Wisata kemah di Taman Wisata Alam Gunung Papandayan di Kabupaten Garut masih menjadi primadona bagi wisatawan yang datang dari berbagai daerah pada musim libur Hari Raya Lebaran.

“Tetap yang favorit di Gunung Papandayan bagi wisatawan adalah berkemah,” kata Direktur PT Astri Indah Lestari (AIL) pengelola Taman Wisata Alam Gunung Papandayan, Tri Persada kepada wartawan di kawasan Papandayan, Kamis(28/6).

Ia menuturkan, Gunung Papandayan di Kecamatan Cisurupan menyuguhkan wisata alam bumi perkemahan di kawasan hutan dan pemandangan alam kawah bekas letusan gunung.

Kawasan wisata alam pegunungan itu, kata dia, selalu ramai dikunjungi oleh berbagai wisatawan dari berbagai daerah seperti Bandung, Cirebon, Kuningan, Jakarta dan kota besar lainnya.

“Bukan hanya wisatawan lokal saja, tapi sekarang banyak pengunjung dari Bandung, Jabodetabek, dari Cirebon, Kuningan juga ada,” katanya.

Ia menyebutkan, wisatawan dapat menikmati alam terbuka dengan berkemah di kawasan bumi perkemahan keluarga dekat areal parkir kendaraan.

Selain itu, lanjut dia, lokasi kemah yang menjadi tujuan para pendaki gunung yakni Pondok Saladah dan kawasan kemah di tengah hutan jauh dari keberadaan warung.

“Untuk yang di Pondok Saladah kita ada pilihan, ada yang buper (bumi perkemahan) dan terdapat warung, ada juga yang alami di tengah hutan, tidak ada warung,” katanya.

Ia menyampaikan, aktivitas wisatawan yang berkemah tersebut tetap mendapatkan pengawasan dan jangkauan petugas untuk menjaga keamanan dan keselamatan pengunjung.

Wisatawan yang melakukan perjalanan menuju Pondok Saladah juga, kata dia, dijamin keamanan serta kenyamanannya dengan disiagakan pos keamanan sepanjang jalur.

“Wisatawan yang jalan kaki dan berkemah semua aman dalam jangkauan dan terpantau oleh petugas kami,” katanya.

Ia menambahkan, tingkat kunjungan wisatawan ke Gunung Papandayan pada musim libur Lebaran terjadi kenaikan hampir 100 persen.

Selama libur Lebaran, kata dia, mencapai tiga ribuan pengunjung, atau seribuan orang setiap harinya dan diprediksi akan terus ramai selama musim libur.

“Mulai pertama hari Lebaran memang ada peningkatan kunjungan, sudah 100 persen, tingkatan ini terus bertambah sampai akhir libur Lebaran, dan kami siapkan fasilitas yang bagus dan nyaman,” katanya. (hyt)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up