Pendidikan

Belajar Sains, Siswa Destik ke Jungle Land

SUKABUMI – Siswa SDN Dewi Sartika CBM Kota Sukabumi belajar ilmu sains. Tempat yang dijadikan pembelajaran ialah Jungle Land di Sentul City, Bogor.

Selain belajar sains, mereka juga bisa berekreasi.

“Hasil musyawarah kami sepakat memilih Jungle Land jadi tempat belajar sains. Di tempat ini terdapat museum sains,” kata

Wakil Kepala Sekolah Bidang Sapras SDN Dewi Sartika Asep Rukman Wirya kepada  wartawan, kemarin (24/1).

Setiap siswa diberi LKS. Mereka bertugas mempelajari objek-objek sains di museum sains di Jungle Land. “Kami berikan tugas agar setiap siswa mengerjakan LKS listrik dan proses terbentuknya bumi. Setiap siswa tugasnya berbeda-beda disesuaikan kelas,” tambah Asep.

Sesuai maknanya, karyawisata yang merupakan kunjungan ke suatu objek dalam rangka memperluas pengetahuan, pelaksanaannya sudah disetujui komite dan masyarakat sekolah. Para orang tua dan sekolah sepakat, setiap tahun akan menggelar karyawisata dengan tujuan belajar di luar sekolah untuk memperluas wawasan para siswa serta mencari kesesuaian antara teori dalam pelajaran dengan kenyataan di lapangan.

“Tidak ada unsur paksaan. Yang tak ikut juga diberikan tugas sama tapi dikerjakan di rumah,” sebutnya.

Ketua Komite SDN Dewi Sartika, Sobali Suswandi, mengatakan kegiatan karyawisata yang diikuti para siswa dapat memberikan manfaat bagi pengembangan karakter dan pengetahuan para siswa. Dalam kegiatan ini terjadi sinergitas antara guru dan orang tua dalam membimbing anak selama berada di objek sains dan arena permainan.(red)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up