Society

BEKAM SUNNAH, Pengobatan Yang Paling Ideal

1
Owner Saung Sehat Alami Sukabumi Yusfan AL Hijamah berfoto bersama salah satu langganan dari anggota DPRD Kabupaten Sukabumi., Hery.

Oleh YUSFAN AL-HIJAMAH
(Owner Saung Sehat Alami Sukabumi)

Pengobatan secara islami yang berdasarkan Sunnah Rasul dikenal dengan istilah thibunnabawi. Berbagai macam jenis pengobatan dari Rasulullah Saw telah dikenal luas manfaatnya. Hal ini senantiasa dilakukan untuk meneladani Rasulullah Saw, untuk menjaga kesehatan dan yang ingin sembuh dari suatu penyakit. Sehingga ikhtiar seorang muslim akan diridhai oleh Allah SWT. Salah satu pengobatan cara rasul adalah Alhijamah atau bekam. Berbekam sendiri telah dilakukan oleh orang-orang sebelum Islam datang ke muka bumi.

Di Negara Cina, India, Eropa dan Amerika, metode pengobatan bekam telah populer, sehingga memiliki keistimewaan dari metode yang lain. Metode ini bahkan mendapatkan kedudukan sendiri dalam berbagai jurnal ilmiah pada pertengahan abad kesembilan belas Masehi.

Metode ini menitikberatkan pada darah dalam tubuh manusia, karena darah sangat penting dalam proses kesehatan. Hal ini telah terbukti khasiatnya dalam mengobati berbagai macam penyakit. Bangsa Arab pada zaman jahiliyah-pun sudah mengenal metode ini, dan pada zaman Rasulullah SAW telah mengakui keberadaannya sehingga menganjurkan umatnya untuk mempraktikannya dalam kehidupan.

Dasar Hukum Bekam :

Rasulullah Saw telah bersabda: ”Pada malam aku diisra’kan, aku tidak berlalu dihadapan sekelompok malaikat, kecuali mereka itu mengatakan, ”Wahai Muhammad, perintahkan umatmu supaya berbekam!”. (Shahih Sunan Ibnu Majah dan Shahihu l-Jami).

Nabi bersabda: ”Jibril mengabarkan kepadaku bahwa bekam merupakan metode pengobatan paling bermanfaat yang digunakan oleh manusia”. (Shahihu l-Bukhari).

Demikianlah sabda rasulullah Saw yang menganjurkan umatnya untuk berbekam. Metode ini telah teruji manfaatnya dalam mengobati berbagai macam penyakit tanpa efek samping. Hal ini banyak dibuktikan dengan penelitian ilmu kedokteran modern. Sehingga umat islam wajib mengikutii rasul, karena beliau adalah sebagai teladan sebagaimana firman Allah Swt

”Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut nama Allah”. (Al-Ahzab: 21).

Manfaat Bekam, Insya Allah bisa menyembuhkan :

Pegal-pegal, sakit kepala, migraine, vertigo, parkinson, masuk angin, hypertensi, kolestrol, asam urat, encok, rheumatik, diabetes, stroke, typus, liver, gangguan tulang belakang, dan masih banyak lagi, dengan Izin Allah Swt.

Al-Hijamah (bekam) sebagai pengobatan yang disunnahkan : Metode bekam ditinjau dari ilmu kedokteran modern telah membuktikan keistimewaannya sehingga metode ini adalah paling ideal. Sebagai langkah preventif apabila kita dalam keadaan sehat dan terutama saat sakit, maka sebaliknya bekam dilakukan. Hal ini telah disampaikan oleh nabi.

Rasulullah Saw bersabda: “Sesunggguhnya pengobatan yang paling ideal kalian gunakan adalah bekam”,(Mutaffaqun ‘alaih: Bukhari dan Muslim).

Dengan demikian pengobatan metode bekam merupakan sunnah Nabi yang sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh setiap muslim. Metode ini merupakan pengobatan paling ideal baik dari secara Islami maupun ditinjau dari dunia medis.

SAUNG SEHAT ALAMI yang didirikan oleh saya sendiri pada tahun 2011 yang beralamatkan di Kampung Pakuwon RT.09/02 Desa Cibodas Kecamatan Bojonggenteng Sukabumi (Belakang Podium Lapang Pakuwon) merupakan tempat bagi yang ingin menjalankan sunnah rasul, menjaga kesehatan, mencegah penyakit, dan membantu menyembuhkan penyakit dengan izin ALLAH Swt. Selain bekam ditempat kami juga melayani ruqyah syar’iyyah, Thai-Massage (pijat ala Thailand), gurah, dan herbal, silahkan hubungi ke : SMS 0823-1120-1851 atau whatsapp 0857-2340-2867 dan FB : Yusfan Alhijamah.

Ada pepatah yang mengatakan, “Kekayaan yang paling berharga setelah ILMU adalah SEHAT”.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up