Kiprah MUI & Baznas

Baznas Siap Tampung Zakat Fitrah dan Infak

 JL VETERAN – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Sukabumi siap menampung zakat fitrah dan infak dari warga yang menengah keatas. Program rutin tahunan ini akan disalurkan kembali kepada kaum duafa yang membutuhkan, sekaligus meringankan masyarakat saat kebutuhan sembako naik di bulan Ramadan nanti.

“Biasanya harga daging, sayuran atau lainnya melonjak naik di pasar kalau puasa. Baik sebelum, ketika puasa maupun lebarannya. Makanya bantu masyarakat dari pengumpulan zakat fitrah dan infak tersebut,” ungkap Wakil Ketua III Baznas Kota Sukabumi, M. Kusoy kepada Sukabumi Ekspres, kemarin (4/5).

Untuk itu, sambung dia, bagi umat Islam yang terbilang mampu agar bersedia menyisihkan penghasilannya ke lembaganya untuk membantu warga kurang mampu.

“Kita juga akan kerja sama dengan SKPD terkait agar pengumpulannya bisa maksimal,” ucap Kusoy.

Adapun teknisnya, Kusoy menjelaskan, lembaganya akan menyiapkan kupon sebagai tanda bukti membayar zakat fitrah dan infak.

“Kita yakin pengumpulannya bisa berjalan lancar karena zakat fitrah itu harus dikeluarkan umat Islam saat bulan suci Ramadan nanti. Infaq yang akan diambil Rp 2 ribu per orang dan Rp 30 ribu untuk zakat fitrah,” beber dia.

Kusoy bakal menyasar 300 ribu umat Islam yang berkecukupan di wulayahnya. Di mana, tahun sebelumnya terkumpul Rp 100 juta dari infak dan Rp 400 juta dari zakat fitrah.

“Memang belum tergarap penuh karena jika dihitung-hitung target dari infaq saja minimalnya Rp 500 juta dan Rp 5 miliar harus kena zakat fitrah,” urai dia. (job4/hyt)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up