Kiprah MUI & Baznas

Baznas Bantu Perbaiki 10 Rutilahu Warga Miskin

Ketua Baznas Kota Sukabumi, Fifi Kusumajaya

Gelontorkan Anggaran 100 Juta untuk Entaskan Kemiskinan

JL   CICADAS  – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota  Sukabumi kembali membangun 10 unit rumah tidak layak huni (rutilahu) di tujuh kecamatan di wilayahnya. Program bergulir dari Provinsi Jawa Barat untuk mengentaskan kemiskinan di pelosok daerah itu akan dipusatkan di Kampung Limusnunggal Jalan  Cicadas Hilir, Kelurahan Sindangsari, Kecamatan Lembursitu, Jumat (21/4).

“Besok (hari ini,red) kita acara launching bantuan Baznas Provinsi untuk 10 rumah yang terlihat tak layak  dan patut  diperbaiki.,” ungkap Ketua Baznas Kota Sukabumi, Fifi Kusumajaya kepada Sukabumi Ekspres, kemarin (20/4).

Menurut dia, pihaknya sengaja memilih masjid Al-Iman sebagai tempat peresmian rutilahu tersebut. Di mana, proses pembangunan untuk pengentasan kemiskinan ini berjalan lancar.

“Insya Allah dihadiri Pak Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz,” ujar Fifi.

Dirinya berharap masyarakat ikut aktif membantu bergotong royong lewat swadaya masyarakat agar perbaikan rumah yang laik huni dan enak ditempati segera selesai. Di mana, setiap pembangunan rutilahu diperkirakan akan memakan waktu 6 sampai 8 minggu untuk menyelesaikannya.

“Ini baru yang pertama kali ada bantuan dari Baznas Provinsi. Anggaran yang diberikannya pun cukup besar senilai Rp 100 juta. Di mana, setiap rumahnya bisa mendapatkan bantuan Rp 10 juta,” ungkap pria berkacamata tersebut.

Selain itu, sambung Fifi, ada sumbangan masyarakat sekitar Rp 5 juta hingga Rp15 juta untuk membantu rutilahu di setiap daerahnya. Dengan begitu, total pembangunan rutilahu ini menelan dana Rp 25 juta.

Fifi pun menargetkan, untuk program perbaikan rutilahu pada tahun 2017 kurang lebih sebanyak 30 hunian masyarakat tak mampu. Setiap rumahnya siap dia berikan sekitaran Rp 2,5 sampai Rp3 juta.

“Alhamdulilah dan mudah-mudahan dilancarkan Allah SWT. Untuk program rutilahu 30 rumah kita akan habis-habisan di bulan Agustus tahun sekarang,” tandas dia. (job4/hyt)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up