Sukabumi Raya

Bayar Listrik PJU Capai 18 Miliar

SUKABUMI – Jumlah pemasangan penerangan jalan umum (PJU) di Kabupaten Sukabumi selama tahun lalu mencapai 792 titik. Anggaran yang dialokasikan dari APBD kabupaten untuk membayar tagihan listrik PJU dan pemeliharaan mencapai Rp 18 miliar per tahun.

Kabid Teknik dan Sarana Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi, Uus Pirdaus, mengatakan, sumber dana pemasangan PJU yang berasal dari APBD Kabupaten Sukabumi sebanyak 300 titik, bantuan dari Kementerian Perhubungan sebanyak 200 titik, dan bantuan dari Pemprov Jabar sebanyak 292 titik.

“Pemasangan PJU diprioritaskan untuk titik-titik jalan yang rawan akan kecelakaan dan keamanan,” ujarnya saat dihubungi Sukabumi Ekspres, kemarin (10/1).

PJU yang terpasang selama tahun lalu itu menggunakan jenis yang tersambung ke aliran listrik, belum menggunakan jenis solar sel atau pemanfaatan energi tenaga surya. Karena itu PJU tidak bisa dipasang di daerah-daerah yang belum teraliri listrik.

“Prosedur jatah PJU ini harus melalui musyawarah perencanaan pembangunan yang bertahap mulai tingkat desa, kecamatan, hingga kabupaten,” kata Uus.

Meskipun begitu, proposal pengajuan PJU yang disampaikan langsung ke Dishub tetap akan diterima, tapi tidak akan diprioritaskan.

“Kami hanya akan melayani dan memberikan prioritas pada usulan yang disampaikan melalui musrenbang,” imbuh dia.

Untuk tahun anggaran 2018, tambah Uus, pemasangan PJU akan difokuskan di kawasan Palabuhanratu sesuai dengan PPJMD.

“Sementara jumlah PJU untuk jalan yang terakses ke Geopark Ciletuh pada tahun 2017 mencapai 172 titik. Itu kewenangan provinsi,” pungkasnya.(mg1)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up