Bogor

Awas Udang Palsu Beredar, Begini Cara Membedakannya

udang palsu
Ilustrasi

SukabumiEkspres.com – Masyarakat Kota Bogor akhir-akhir ini tengah diresahkan dengan keberadaan udang palsu. Berangkat dari hal itu, pemerintah setempat tengah gencar melakukan inspeksi ke sejumlah pasar maupun pusat perbelanjaan modern.

Kepala Bidang Perikanan Dinas Pertanian Kota Bogor, Wina mengatakan, pihaknya sudah melakukan pemeriksaan dan pengawasan rutin sejak bulan Ramadan, sampai menjelang perayaan Idulfitri nanti.

Dalam pengecekan ikan-ikan yang ada di supermarket, ia mengungkapkan bahwa pihaknya tidak menemukan udang palsu, yang akhir-akhir ini ramai diperbincangkan.

“Dalam pengecekan yang kami lakukan, kami tidak menemukan udang palsu, dan dari hasil pengecekan ini, kami pastikan ikan udang di Kota Bogor asli dan aman untuk di konsumsi, Tadi pun, kami sudah melakukan pengujian di dua supermarket terhadap udang rebung dan hasilnya asli dan aman untuk di konsumsi,” kata Wina saat melakukan pengecekan di salah satu supermarket di kawasan Sukasari, Bogor Timur, Kota Bogor, kemarin (5/6)

Ia pun memberitahukan kepada masyarakat, untuk pandai memilih udang, karena tidak bisa dipungkiri udang palsu yang ramai ini beredar.

“Bagi masyarakat yang ingin memastikan perbedaan udang asli dan udang palsu itu, biasa dilihat dari warnanya dan juga kekenyalannya. Selain itu, dari aromanya, Apabila udang itu palsuĀ  akan lebih pucat dibandingkan udang yang asli. Kedua, dari konsistensi dan kekenyalan, kalau yang asli itu rapuh mudah patah dan yang palsu itu kenyal seperti karet. Sementara, aromanya tidak bau plastik,” pungkasnya.(nif/rmol/mam/JPG)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up