Kesehatan

Anda Perlu Tahu! Inilah Tipe-Tipe Stadium Kanker Payudara

sehat
Ilustrasi Jawa Pos

SukabumiEkspres.com – Kaum hawa diminta memahami berbagai informasi seputar payudara menyusul semakin banyaknya kasus kematian akibat penyakit pembunuh itu. Yang terbaru, artis Yana Zein meninggal dunia juga akibat kanker payudara. Ada tipe-tipe stadium penyakit kanker pada umumnya, termasuk kanker payudara.

Semakin dini diketahui, maka pengobatan akan semakin sederhana, cepat, dan berhasil. Dokter Spesialis Bedah dan Konsultan Bedah Onkologi dr Sonar Sonny Panigoro Sp.B.Onk menjelaskan sel kanker akan menyebar secara cepat. Jika diketahui sudah stadium lanjut, maka peluang sembuh akan semakin kecil.

“Kanker itu sangat cepat, bisa menyebar ke mana saja, ke semua organ. Kanker payudara bisa menyebar ke paru, liver, otak, dan lainnya,” tegas Sonar kepada JawaPos.com (Group Sukabumi Ekspres).

Pada kasus Yana Zein, penyebaran juga terjadi melalui saluran getah bening. Namun Sonar menegaskan hal itu hanya bersifat sebagai saluran penyebaran, bukan kanker getah bening.

“Istilah-istilah itu harus diklarifikasi. Kanker itu bisa menyebar lewat darah yaitu otak dan hati, lalu bisa juga lewat saluran getah bening. Tapi bukan berarti kanker getah bening. Karena kalau kanker getah bening artinya saluran itu yang menjadi titik tumbuh awal sel kanker,” paparnya.

Maka, kenali berbagai tipe stadium sel kanker dari nol hingga empat. Dan perlu diingat, semakin cepat ditindaklanjuti, terutama saat stadium awal, maka peluang untuk sembuh menjadi tinggi. Ini tingkatan atau stadium kanker:

1. Stadium nol: Mulanya hanya tumbuh di satu kantong, selaput atau membran di payudara. Artinya, masih di dalam kantong. Jika sudah terdeteksi di masa ini, maka peluang sembuh bisa 100 persen.

2. Stadium satu: Sel kanker sudah menembus kapsul utama. Ukurannya dua centimeter. Tingkat keberhasilan penyembuhan mencapai 90 persen.

3. Stadium dua: Tingkat keberhasilan penyembuhan sebesar 70 persen.

4. Stadium tiga: Tingkat keberhasilan penyembuhan 50 persen.

5. Stadium lanjut atau empat: Tingkat penyembuhan sudah sulit dilakukan.

Lantas, pada stadium berapa yang membutuhkan pengangkatan payudara?. “Jika ada pasien yang payudaranya terpaksa diangkat itu jika sudah stadium antara satu hingga tiga,” tutup Sonar. (cr1/jpg/hyt)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up