Metropolitan

Akun Medsos Provokatif Bakal Disisir

PHOTO2

SUKABUMI – Komandan Kodim 0607/Sukabumi, Letkol Inf Mahfud Asat mengajak tokoh-tokoh pemuka agama untuk bersama-sama bijaksana dalam menggunakan media sosial dan menyerap serta membagikan informasi yang belum bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Hal itu disampaikan Mahfud dalam pertemuan bersama Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) dan para tokoh lintas agama, Kamis (1/3) di Makodim 0607/Sukabumi.

“Kaitannya dengan medsos, banyak isu-isu yang belum pasti kebenarannya. Nah, ini perlu disampaikan kepada jemaah-jemaah yang ada di masjid, gereja, pura dan wihara. Jangan langsung percaya, konfirmasi dulu apakah itu berita yang benar atau tidak,” kata Mahfud kepada Sukabumi Ekspres disela-sela pertemuan.

Berdasarkan pantauannya di salah satu grup media sosial facebook di Sukabumi, dari 20 rentetan kejadian yang diunggah ke media sosial hingga menjadi viral, hanya dua kejadian yang benar-benar riil terjadi, sementara 18 sisanya hanya hoaks.

“Kami juga bekerjasama dengan pihak kepolisian yang sudah memiliki cyber patrol. Ketika ada postingan yang tidak sesuai, meresahkan masyarakat, saya perintahkan Pasi Intel dan unit untuk mendatangi admin maupun pemilik akun tersebut,” tandas Mahfud.

Sementara itu, Wakil Sekertaris FKUB Kota Sukabumi, Bambang Haryanto menilai, merebaknya informasi-informasi hoaks hari ini sudah cukup kritis. Ia berharap, masyarakat bisa lebih bijaksana dalam mempelajari setiap informasi yang diperoleh, sehingga tidak begitu saja menyerap berita hoaks hingga terjadi kesalahpahaman

“Terkait berita hoaks, kami diarahkan agar tidak menerima begitu saja. Kami harus mencari tahu kebenaranya apakah berita ini benar atau tidak,” pungkas pria yang juga pengurus Vihara Widhi Sakti Kota Sukabumi tersebut. (ovi/hrl)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up