Politika

Agen Sosialisasi ‘Corong’ KPU Tingkatkan Partisipasi Pemilih

PHOTO2

SUKABUMI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi memberikan bimbingan teknis (bimtek) untuk agen sosialisasi. Tujuannya agar target peningkatan partisipasi pemilih bisa terwujud pada pilkada serentak tahun ini.

Komisioner Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kota Sukabumi, Sri Utami, mengatakan pada periode sebelumya Kecamatan Baros dan Cibeureum mengalami penurunan 20 persen untuk partisipasi pemilu. Hal ini tentunya menjadi catatan untuk KPU agar bisa meminimalkan hal tersebut. Jika dilihat dari tren akumulatif masyarakat dalam hak pilih turun-naik. “Memang dilihat dari trennya ada kecenderungan menurun. Setelah ngobrol-ngobrol kenapa golputnya tinggi, ternyata karena tingkat kepedulian masyarakat terhadap pemilu sangat rendah,” ujar Sri, kemarin (30/1).

Agen sosialisasi harus mampu mendongkrak bahwa hak pilih itu penting. Pasalnya, pemikiran masyarakat masih menilai golput itu diperbolehkan. Tentunya KPU memiliki target agar partisipasi pemilu di setiap kecamatan meningkat. Dalam kurun waktu lima bulan, kinerja agen sosialisasi harus terukur. Nantinya KPU akan memetakaan wilayah mana saja yang dinilai rawan golput bersama PPK dan PPS.

“Tentu kami akan dorong agar meningkat. Kami dibantu aplikasi yang terintegrasi dengan google maps untuk melihat seperti apa pergerakan mereka, subjeknya seperti apa, materi apa yang diberikan, modelnya seperti, apa dan jumlah warga yang dikunjungi. Jadi progresnya akan terlihat,” papar Sri.

Agen sosialisai bertugas untuk meningkatkan partisipasi pemilu di Kota Sukabumi. Di masing-masing kecamatan terdapat dua orang dengan total keseluruhan 14 orang dari 7 kecamatan. Enam orang di antaranya perempuan dan delapan orang laki-laki. Mereka nantinya bertugas lima bulan ke depan terhitung mulai Februari hingga Juni. “Kami harap adanya agen sosialisasi ini dapat memberikan hasil yang maksimal sesuai apa yang ditargetkan KPU pada pilkada serentak,” tandas Sri.(ovi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up