Sukabumi Raya

Target Pembebasan Lahan Selesai 2017

bocimi
KEBUT PEMBEBASAN LAHAN: target pengadaan lahan untuk pembangunan jalan Bocimi selesai pada tahun ini.

CICURUG – Pemerintah mempercepat pembebasan lahan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi), untuk mengejar target bisa dilalui.

Ketua Tim Pembebasan Lahan Tol Bocimi Tahap II Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera), Bambang Suharto mengatakan target pengadaan lahan untuk pembangunan jalan Bocimi selesai pada tahun ini.

“Artinya setelah tersedia lahan untuk jalan tol sesi II Cigombong-Sukabumi akan dilanjut dengan pembangunan fisik oleh PT Trans Jabar Tol dan untuk pelaksananya PT Waskita Group,” kata dia, kemarin.

Pembangunan sesi II ini akan menggunakan lahan 165 hektare tanah milik warga di empat kecamatan di Kabupaten Sukabumi yang berada di wilayah utara seperti Kecamatan Cicurug, Parungkuda dan Ciambar.

Selain itu, ada 10 desa yang akan terkena dampak megaproyek tersebut yakni Desa Benda, Nanggerang, Tenjoayu, dan Purwasari di Kecamatan Cicurug. Kemudian Desa Pondokasolandeuh dan Sundawenang di Kecamatan Parungkuda.

Sisanya Desa Ciambar, Ambarjaya, Cibunarjaya dan Munjul di Kecamatan Ciambar. Dari perhitungan sementara ada sekitar 850 pemilik tanah yang lahannya akan dibebaskan.

Untuk pembebasan lahan ini akan dikaji terlebih dahulu untuk menentukan harganya yang tepat oleh tim independen agar tidak terjadi permasalahan ke depannya. Sementara pembayarannya sesuai ketetapan Kementrian Keuangan dan Kementrian Agraria Tata Ruang dan Badan Pertanahan Nasional.

“Agar pengadaan lahan ini sesuai dengan target, saat ini kami yang dibantu Pemerintah Kabupaten Sukabumi dan unsur muspika di kecamatan masing-masing gencar melakukan sosialisasi kepada warga khususnya pemilik lahan,” tambahnya.

Bambang mengatakan untuk sesi I pembangunan Tol Bocimi yang menghubungkan Cigombong-Ciawi sudah terlaksana dan diharapkan tahun ini selesai. Sehingga sesuai instruksi Presiden RI Joko Widodo agar pembangunannya dipercepat dan diharapkan tidak ada kendala sehingga pelaksanaanya kembali tertunda.

Pihaknya juga mengapresiasi pemilih tanah yang mendukung percepatan pembangunan Tol Bocimi karena sudah menjadi mimpi warga Sukabumi sejak lama.

Sementara, Sekda Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Iyos Somantri menyatakan, mayoritas pemilik lahan di Kecamatan Cicurug mendukung pembangunan Tol Bocimi.

“Jadi dari hasil sosialisasi yang kami lakukan kepada warga di empat desa yakni Nanggerang, Benda, Tenjo Ayu dan Purwasari, mayoritas mereka setuju lahannya digunakan untuk pembangunan jalan tol pada sesi II Cigombong, Bogor-Sukabumi,” kata Iyos Somantri, kemarin.

Menurutnya, sosialisasi pengadaan lahan untuk pembangunan jalan tol ini perlu dilakukan untuk mempermudah pembebasan lahan nanti. Pemerintah Kabupaten Sukabumi juga mendukung percepatan pembangunan Jalan Tol Bocimi yang kerap terkatung-katung.

Keberadaan jalan tol ini tidak hanya untuk mengatasi masalah kemacetan khususnya di wilayah utara Sukabumi yang sudah kronis. Tetapi bisa berdampak positif untuk pembangunan Kabupaten Sukabumi karena perputaran uang dan pertumbuhan ekonomi akan semakin cepat.

Maka dari itu, pemerintah meminta dukungan dari masyarakat khususnya yang lahannya akan terkena dampak pembangunan Jalan Tol Bocimi ini agar tidak mempersulit dalam melakukan ganti rugi lahan.

“Sosialisasi ini juga bertujuan untuk antisipasi adanya oknum-oknum yang ingin memanfaatkan pembangunan tersebut seperti calo tanah sehingga saat proses pembebasan lahan mennadi terganggu,” tambahnya.

Menurut dia, pihaknya akan membantu segala proses pengadaan lahan untuk pembangunan ini dan juga berkoordinasi dengan seluruh elemen untuk meminimalisasikan dampak yang akan terjadi.

“Pendekatan terhadap warga terus kami lakukan untuk memberikan pemahaman pentingnya pembangunan ini, namun mayoritas pemilik tanah setuju lahannya digunakan untuk Tol Bocimi asalkan kompensasinya jelas,” tandas dia. (hyt)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Copyright © 2015 The Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

Scroll Up