Sukabumi Raya

12 OPD Jadi Catatan Inspektorat

FOTO2

SUKABUMI – Inspektorat Kabupaten Sukabumi siap melakukan pengawasan ektra agar persoalan hukum yang rentan terjadi di lapangan bisa diminimalisir. Sesuai dengan Program Kerja Pengawasan Tahunan (PKPT) tahun 2018 ini, 12 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan 144 desa sudah masuk catatan khusus pihaknya.

“Resiko pencapaian penyerapan anggaran tahun 2018 ini memang tinggi. Untuk itu, kami akan mendorong 12 OPD dan 144 desa ini dari awal hingga akir,” ujar Sekretaris Inspektorat Kabupaten Sukabumi, Komarudin di kantornya, kemarin (9/1).

Dia merincikan, OPD tersebut yaitu Dinas Pendidikan (Disdik), Dinas Parawisata (Dispar),  Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Perumahan Pemukiman dan Kebersihan (Perkimsih), Dinas Perdaganhan, Koperasi dan UKM, Dinas Pertanian (Distan), Dinas Pekerjaan Umum (PU),  Dinas Perhubungan (Diashub), Dinas Kesehatan (Dinkes), RSUD Sekarwangi, RSUD Palabuhanratu dan Pengendalian Penduduk dan KB. “Bukan berrti akan menyampingankan OPD lainya, akan tetapi Inspektorat sebagai leading sector dalam hal ini juga akan mendorong pencapaian penyerapan anggaran tersebut,” jelas Komarudin.

Indikator yang ditetapkan PKPT berbasis resiko ini lanjut dia, artinya resiko sesuatu sebagai penghambat penyerapan anggaran. Tujuannya mendorong penyerapan sesuai rencana dan tepat sasaran.  “Ya, bisa disebut antisipasi keterlambatan penyerapan anggrana,” timpalnya.

Lanjut Komarudin, pelaksanaan kegiatan program juga tentunya sesuai dengan diterapkan prinsip 3E 1 A (efesiensi, efektivitas dan ekonomis serta aturan). Dalam teknisnya, Inspektorat akan menggunakan metode riview untuk penyerapan anggaran diseluruh OPD. “Memberikan problem selping, secara 2017 masih ada penyerapan anggaran masih dibawa 80 persen. Oleh karena itu, Kita kawal proses pengadaan, pelelangan dan realisasinya,” pungkasnya.(mg1)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Sukabumi Ekspres (Jawa Pos Group) merupakan surat kabar harian yang terbit di Kabupaten/Kota Sukabumi dan Cianjur. Lahir dari semangat pentingnya keterbukaan dan ketersebaran informasi hingga ke pelosok-pelosok Sukabumi, Sukabumi Ekspres menjadi spirit pembaharuan koran lokal di kota dan kabupaten.

Sukabumi Ekspres

Scroll Up